TriVio Id

Tips Seputar Desain Grafis

Grafis Tools

Contoh Desain Grafis Dan Cara Membuatnya Beserta Software Yang Biasa Digunakan

Contoh Desain Grafis dan Aplikasi yang Digunakan
image source tribox.co.id

Sekarang ini, ada banyak sekali contoh desain grafis dan cara membuatnya. Begitu pun dengan perangkat lunak yang umumnya dipakai. Kira-kira apa saja software yang bisa digunakan untuk mendesain? Bagaimana pula cara membuatnya? Simak berikut!

Berikut Beberapa Software Yang Biasa Digunakan

Ada lebih dari satu software yang bisa digunakan dalam urusan desain mendesain. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Adobe Photoshop
Contoh Desain Grafis Menggunakan Photoshop
image source jsp.co.id

Bisa dibilang kalau Adobe Photoshop termasuk software yang banyak digunakan dalam dunia desain grafis. Selain itu, software ini memang punya beragam keunggulan di dalam digital imaging. Seperti contohnya mengganti latar belakang, menghasilkan gambar tiga dimensi, membuat desain website, manipulasi foto dan masih banyak lagi. Tak heran jika Photoshop ini banyak dipakai oleh para pemula hingga yang profesional sekalipun.

  • Adobe ilustrator
Contoh Desain Grafis dengan Adobe Ilustrator
image source desainerhaus.com

Software yang biasa disebut ai atau ilustrator ini lebih condong ke bentuk desain vektor. Contohnya seperti ilustrasi ikon, logo, packaging dan lainnya.

  • Adobe in-design
Membuat Desain Grafis dengan Adobe InDesign
image source kelasdesain.com

Sementara, software adobe in-design ini punya kelebihan untuk membuat layout. Seperti contohnya layout brosur, kartu nama, kategori buku dan masih banyak lagi lainnya.

  • Coreldraw
Contoh Desain Grafis dengan CorelDraw
image source kelasdesain.com

Coreldraw secara fungsi hampir mirip dengan ai atau adon ilustrator. Karena sama-sama dirancang untuk membuat gambar vektor. Bahkan file dari formal corel ini pun bisa diekspor ke adobe ilustrator juga.

Itulah beberapa contoh perkakas yang paling banyak digunakan dalam mendesain. Tentunya, selain software di atas, masih banyak lagi lainnya.

Cara Mudah Membuat Desain Grafis Menggunakan Photoshop

Seperti yang telah disebutkan di atas, kalau Photoshop termasuk software yang paling banyak dipakai oleh para desain grafis. Kamu pun bisa menggunakan Adobe Photoshop ini untuk membuat sebuah desain grafis. Berikut untuk tutorialnya:

  • Pertama-tama, kamu harus memiliki aplikasi Photoshop terlebih dulu. Jika di komputer belum ada, silakan untuk mengunduhnya di situs resmi adobe.
  • Setelah berhasil diunduh, segera instal software tersebut. Kemudian, tunggu sampai proses instal berjalan hingga selesai. Kamu pun bisa memilih versi Photoshop yang baru seperti cs6 misalnya.
  • Photoshop yang berhasil terinstal bisa segera dibuka. Kemudian cari menu file dan pilih “new”. Kamu juga bisa menekan kombinasi ctrl+n di keyboard secara bersamaan.
  • Jika tampilan lembar baru sudah muncul, kamu bisa mengatur lebar dan ukuran tinggi dokumennya. Atur juga resolusi yang ingin kamu buat.
  • Selanjutnya, kamu bisa memulai untuk membuat desain yang ingin dibuat.
  • Untuk menambahkan file baru ke lembar tersebut, silakan tekan tombol keyboard ctrl+o secara bersamaan. Atau bisa juga pilih menu file dan open. Di sana nanti kamu bisa membuka file baru untuk dimasukkan ke Photoshop. File baru yang telah terbuka ada di samping lembar yang pertama. Jadi tidak berada di satu lembar yang sama.
  • Jika kamu tidak ingin membuka file lain dan ingin membuat sendiri, kamu bisa memanfaatkan setiap menu yang ada. Di sana sudah ada banyak pilihan, mulai dari menu untuk menambahkan garis, menghapus, membuat tulisan dan lainnya.
  • Kalau sudah selesai, dan ingin disimpan, pilih menu file dan cari save. Kamu pun akan diminta untuk menentukan format file dan lokasi penyimpanan.

Secara sederhana, tersebut adalah contoh desain grafis dan cara membuatnya. Agar lebih mudah, kamu bisa menentukan terlebih dulu tema atau sketsa dari desain yang ingin dibuat. Jadi begitu membuka software, kamu tidak lagi merasa kebingungan harus memulainya dari mana.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *