TriVio Id

Tips Seputar Desain Grafis

Tutorial

Jenis dan Cara Membuat Desain Grafis di Adobe Illustrator

Cara Membuat Desain Grafis di Adobe Illustrator
image source ideoprocess.com

Teruntuk penggiat desain grafis, Adobe Illustrator jelas bukan nama yang asing. Software jenis ini sudah sering menjadi pilihan para desainer guna membuat ilustrasi gambar 3D. Cara membuat desain grafis di Adobe Illustrator pun bukan hal sulit.

Jenis dan Cara Membuat Desain Grafis di Adobe Illustrator

Jenis dan Cara Membuat Desain Grafis di Adobe Illustrator
image source www.hamzahdesain.com

Walaupun identik dengan ilustrasi, software Adobe juga fleksibel digunakan untuk desain lainnya yang umum. Untuk itu, beberapa jenis desain berikut ini bisa menjadi rekomendasi.

Sebagai rekomendasi, berikut ini jenis desain yang bisa dibuat:

Logo

Alasan sebagian besar desainer grafis menggunakan Adobe Illustrator adalah karena pembuatan logonya yang menarik. Bukan semata karena fitur yang ada di dalamnya. Software ini sendiri memungkinkan para desainer dalam membuat logo ke dalam bentuk vektor.

Vektor ini sendiri punya keuntungan besar yang bisa didapatkan, juga terletak pada resolusi dan tidak banyak berpengaruh meski diperbesar dan diperkecil. Oleh karena itu, sebesar apapun gambar diubah tak akan mengurangi resiko.

Infografis

Jika dibandingkan dengan konten tulisan, konten gambar cenderung lebih mudah dipahami. Infografis menampilkan konten informasi tak hanya dalam bentuk teks melainkan juga dalam bentuk gambar. Sehingga, memudahkan pembacanya dalam memahami setiap teks yang ada. 

Infografis juga kerap disebut sebagai perpaduan konten artikel serta gambar. Pemaparan informasi terhadap audience dengan cara yang cenderung lebih ringan dan menghibur. Muatan informasi yang ada di dalamnya pun, diharap bisa sampai dengan lebih baik.

Infografis seperti ini, umumnya dibuat menggunakan software desain grafis jenis apapun. Kendati demikian, cukup banyak para desainer yang lebih senang menggunakan Adobe Illustrator sebagai media desain mereka.

Print Ads

Saat ini, digital marketing terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari brosur, baliho, spanduk semuanya disederhanakan ke dalam bentuk online. Maka tak heran jika industri ini terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Sebelumnya perlu diketahui, sejumlah print ads mempunyai ukuran yang cukup besar. Oleh karena itu, resolusi desainnya terbilang kecil sehingga akan langsung pecah jika ukurannya diperbesar.

Kondisi ini tak akan Anda temukan ketika membuat desain Adobe Illustrator, lantaran format desain yang menggunakan vektor. Resolusi gambarnya sendiri tak akan mengalami banyak penurunan walaupun dicetak pada media yang cukup besar.

Desain Kemasan

Berikutnya adalah desain kemasan, Adobe Illustrator juga sering digunakan dalam membuat desain kemasan. Kapasitas software ini juga bisa membuat gambar 3D yang ditambah format vektor menjadi salah satu keunggulan dalam membuat banyak jenis desain kemasan menjadi Adobe Illustrator.

Bisa dibilang aplikasi ini menjadi salah satu senjata andalan para desain grafis. Fitur yang terdapat di dalamnya terbilang cukup dalam membantu para desainer bebas membuat kreasi.

Gambar 3D

Banyak software desain grafis yang kini telah dilengkapi dengan efek 3D. Meski begitu, soal gambar 3D tak banyak software desain yang bisa membuat desain secara sempurna. Keterbatasan fitur sering menjadi kendala tersendiri.

Di sinilah fungsi Adobe Illustrator digunakan, dimana Anda cukup menggunakan gambar 3 dimensi. Namun begitu, jangan berharap jika aplikasi ini bisa digunakan mendesain arsitek rumah. Aplikasi ini khusus objek 3D atau tulisan 3D.

Itulah jenis dan cara desain grafis di Adobe Illustrator. Aplikasi ini cenderung unggul dan bisa digunakan untuk desain beberapa elemen sekaligus. Pastikan untuk memahami langkah awal pembuatan dan serta kuantitas latihan yang rutin.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *