TriVio Id

Tips Seputar Desain Grafis

Motion Tutorial

Cara Menggunakan Animasi Untuk Presentasi Pada PowerPoint

PowerPoint menawarkan banyak cara untuk membuat presentasi unik menggunakan animasi. Kalian dapat melakukan sesuatu yang sederhana seperti membuat animasi mesin tik atau sesuatu yang teatrikal seperti menampilkan teks gulir Star Wars. Pilihan lain adalah mengungkapkan satu baris pada satu waktu.

Dengan menggunakan animasi untuk menampilkan baris individual di PowerPoint, Kalian tidak hanya dapat membuat tayangan slide yang khas, tetapi juga berguna. Kalian mungkin ingin memperluas setiap item dalam daftar poin, menjelaskan lebih lanjut setiap langkah dalam daftar bernomor, atau mendiskusikan baris terpisah tanpa daftar sama sekali.

Tutorial Desain Grafis Membuat Presentasi Dengan Animasi di PowerPoint
image source slidescarnival.com

Di sini, kami akan menunjukkan cara mengungkapkan baris satu per satu dalam presentasi PowerPoint.

Mengatur Animasi di PowerPoint: Cara Menggunakan Animasi

Buka slide dengan teks yang ingin Kalian animasikan dan pilih baris pertama yang ingin Kalian tampilkan dengan menyeret kursor melewatinya.

Mengatur Animasi di PowerPoint: Cara Menggunakan Animasi
image source howtogeek.com

Buka tab Animations dan klik panah di bagian bawah koleksi animasi. Ini menampilkan semua efek yang tersedia.

Pilih salah satu efek animasi Entrance. Kalian dapat menggunakan opsi seperti Muncul, Terbang, atau Terapung untuk sesuatu yang halus atau habis-habisan dengan Grow & Turn, Swivel, atau Bounce.

Pilih Entrance Effect
image source howtogeek.com

Kalian akan melihat pratinjau singkat dari animasi tersebut. Jika tidak muncul, maka klik “Pratinjau” pada sisi kiri pita. Kalian juga dapat secara otomatis melihat setiap animasi yang Kalian terapkan atau edit. Klik tanda panah Pratinjau (Preview) dan Kalian pilih “Pratinjau Otomatis” dan klik tanda centang pada sebelahnya seperti gambar berikut.

Preview Animasi
image source howtogeek.com

Pilih setiap baris tambahan yang ingin Kalian animasikan, satu per satu, dan terapkan animasi seperti yang Kalian lakukan dengan baris pertama. Kalian dapat menggunakan efek yang sama atau memilih efek yang berbeda jika Kalian mau. Kalian akan melihat setiap baris diberi nomor dengan urutan munculnya animasi.

Garis Animasi di PowerPoint
image source howtogeek.com

Cara Menggunakan AnimasiKustomisasi Animasi

Sekarang Kalian telah menyiapkan animasi awal, saatnya untuk menyesuaikan Opsi Efek, Mulai tindakan, dan secara opsional Durasi.

Mengubah Opsi Efek

Tergantung pada animasi Entrance yang Kalian pilih, Kalian mungkin memiliki pengaturan tambahan untuk efeknya. Misalnya, Kalian dapat memilih arah untuk efek seperti dari atas, bawah, kanan, atau kiri untuk animasi Fly In atau ke atas atau bawah untuk efek Float In.

Untuk mengetahui fungsi dari efek tersebut, Pilih setiap animasi lalu klik panah Opsi Efek di menu drop-down. Kemudian pilih arah untuk animasi.

Cara Mengubah Efek Animasi di Powerpoint
image source howtogeek.com

Jika tombol Opsi Efek berwarna abu-abu, maka tidak ada opsi yang tersedia untuk animasi tertentu per baris.

Opsi Efek di PowerPoint
image source howtogeek.com

Pilih Tindakan Mulai

Jika rencana Kalian adalah untuk mengungkapkan satu baris pada satu waktu di PowerPoint untuk berbicara lebih banyak tentang masing-masing baris, maka Kalian mungkin ingin kontrol penuh saat mereka ditampilkan. Untuk melakukan ini, pilih garis animasi dan buka bagian Pengaturan Waktu pada pita pada tab Animasi.

Di daftar drop-down Start, pilih “On Click.” Lakukan hal yang sama untuk setiap baris animasi pada slide. Dengan menggunakan opsi ini, setiap baris hanya akan muncul saat Kalian mengklik slide.

Mengatur Awal Animasi
image source howtogeek.com

Jika Kalian lebih memilih untuk hanya menampilkan satu baris pada satu waktu tanpa tindakan tambahan, pilih “Saat Klik” untuk baris pertama untuk memulai animasi slide dan “Setelah Sebelumnya” untuk baris berikutnya. Dengan menggunakan opsi ini, setiap baris animasi akan ditampilkan satu per satu secara otomatis.

Kalian juga dapat menggunakan kotak Delay langsung di bawah kotak Duration untuk menambahkan beberapa detik untuk waktu antara animasi saat menggunakan “Setelah Sebelumnya.”

Mengatur Kecepatan Animasi
image source howtogeek.com

Catatan: Jika Kalian menggunakan animasi tambahan pada slide seperti mengungkapkan gambar atau objek lain, pastikan untuk mengurutkan animasi Kalian seperti yang Kalian inginkan agar muncul dengan garis.

Sesuaikan Durasi

Penyesuaian lain yang mungkin ingin Kalian lakukan adalah untuk Durasi. Setiap animasi memiliki pengaturan waktu default untuk berapa lama efek diputar dari awal hingga akhir. Kalian dapat mengubahnya dengan menggunakan kotak Durasi di bagian Pengaturan Waktu pada pita pada tab Animasi.

Masukkan angka secara manual untuk mengatur waktu animasi dengan waktu detik atau gunakan alat panah keatas untuk menambah dan alat panah kebawah untuk mengurangi kecepatan animasi tersebut.

Menambah Durasi
image source howtogeek.com

Menggunakan Panel Animasi

Selain mengkustomisasi animasi Kalian dengan pita, Kalian dapat menggunakan Panel Animasi. Ini adalah panel samping yang memungkinkan Kalian mengubah tindakan Mulai, mengedit Opsi Efek, menghapus efek, atau menyusun ulang animasi Kalian.

Pada tab Animations, klik “Animation Pane” di bagian Advanced Animation pada pita.

Panel Animasi
image source howtogeek.com

Kalian akan melihat tampilan bilah sisi dengan animasi slide Kalian saat ini terdaftar secara berurutan. Pilih dan seret atau gunakan panah di bagian atas untuk mengatur ulang atau klik panah di sebelah kanan animasi untuk mengedit.

Tutorial Membuat Presentasi Menggunakan Animasi di PowerPoint
image source howtogeek.com

Untuk menutup Panel Animasi, klik X di kanan atas atau batalkan pilihan tombol Panel Animasi di pita.

Apakah Kalian menginginkan efek dramatis atau efek yang berguna untuk memperluas poin pembicaraan, Kalian dapat dengan mudah mengungkapkan satu baris pada satu waktu pada slide PowerPoint.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *