TriVio Id

Tips Seputar Desain Grafis

Tutorial

Cara Menggunakan Pengeditan Proporsional di Blender

Pengeditan Proporsional di Blender membuat pembuatan model 3D seperti aslinya menjadi lebih nyaman. Mari tunjukkan cara menggunakannya.

Blender adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis, tetapi ada banyak fitur yang membuat pemodelan dengan Blender terasa seperti pengalaman standar industri profesional. Pemodelan blender menjadi lebih mudah melalui hal-hal seperti Pengeditan Proporsional, subjek artikel ini.

Tutorial Blender untuk Pemula Bagian Editing
image source fattututorials.com

Apa itu Pengeditan Proporsional di Blender?

Pengeditan Proporsional, juga dikenal sebagai Pengeditan Proporsional sebelum Blender 3.0, adalah salah satu akomodasi pengeditan mesh yang paling umum digunakan di aplikasi. Kalian dapat menggunakannya untuk membuat model 3D yang alami dan terasa organik dengan mudah.

Ini adalah fitur rata-rata yang memungkinkan Kalian untuk mengukir jerat Kalian secara intuitif. Ia melakukannya dengan mensimulasikan pengalaman bekerja dengan bahan yang dapat dideformasi yang disatukan dari dalam sampai batas tertentu—Pengeditan Proporsional meniru gaya yang dimainkan di dalam sesuatu seperti bola adonan elastis.

Apa itu Pengeditan Proporsional di Blender?
image source makeuseof.com

Jika Kalian ingin mendesain sesuatu yang organik, seperti wajah manusia, Kalian memerlukan beberapa cara untuk meratakan setiap transformasi matematis yang Kalian terapkan. Tanpa Pengeditan Proporsional, Kalian perlu meruncingkan setiap lingkaran tepi di belakang setiap gerakan secara manual, satu per satu, sebelum primitif mulai menyerupai hal yang Kalian coba modelkan.

Terus terang: tidak ada yang punya waktu untuk itu. Pengeditan Proporsional membuat pembuatan objek 3D menjadi menyenangkan, semua tanpa micromanaging setiap titik yang membentuk mesh Kalian. Alat ini membuat mendesain objek yang halus dan terasa alami menjadi sangat mudah.

Cara Menggunakan Pengeditan Proporsional di Blender

Untuk mengaktifkan Pengeditan Proporsional di Blender, Kalian harus berada dalam Mode Objek atau Mode Edit. Kami akan bekerja dalam Mode Edit untuk mendemonstrasikan efek Pengeditan Proporsional secara umum.

Mengaktifkan Pengeditan Proporsional di Blender semudah menekan tombol radio kecil di ujung bilah alat di bawah opsi ruang kerja Kalian. Itu tepat di sebelah dropdown berlabel dengan apa yang tampak seperti parabola yang ditarik dari garis horizontal. Kalian juga dapat mengaktifkan mode Edit Proporsional dengan menekan O.

Cara Menggunakan Pengeditan Proporsional di Blender
image source makeuseof.com

Dropdown ini berisi semua algoritma penghalusan dan rata-rata yang berbeda yang harus Kalian pilih saat menggunakan Pengeditan Proporsional. Kami akan memecahnya sebentar lagi—untuk saat ini, mari fokus pada bagaimana Pengeditan Proporsional bekerja secara umum.

Untuk memulai, buat mesh dan pilih salah satu wajahnya di Edit Mode. Gunakan G untuk meraihnya, diikuti oleh X, Y, atau Z untuk memindahkannya dari sisa objek, merentangkannya.

Setelah melakukan ini, jatuhkan mouse itu dan jangan klik apa pun. Sebelum mengklik terjemahan sederhana ini, Kalian harus memperluas menu Pindahkan yang diperkecil di sudut kiri bawah area staging Kalian.

Tutorial Blender untuk Pemula
image source makeuseof.com

Di sini, Kalian akan menemukan semua pengaturan dan opsi Pengeditan Proporsional tambahan. Mari kita periksa semuanya.

Bagaimana Cara Kerja Pengeditan Proporsional di Blender?

Model 3D sedikit berbeda dari objek kehidupan nyata yang terbuat dari, katakanlah, tanah liat. Saat Kalian mengambil keunggulan dalam Mode Edit Blender, itu tidak secara otomatis menyeret sisa jala bersamanya.

Sebaliknya, tepi dan wajah di antara pegangan Kalian dan objek yang tetap meregang atau berkontraksi untuk mengimbangi gerakan tersebut. Saat menyesuaikan mesh di Blender, poin adalah satu-satunya hal “padat” untuk dipegang. Objek lainnya hanyalah kulit yang terbentang di atasnya.

Bagaimana Cara Kerja Pengeditan Proporsional di Blender?
image source makeuseof.com

Pindahkan X, Y, dan Z hanyalah penggeser yang dapat Kalian gunakan untuk menyesuaikan terjemahan wajah yang Kalian pilih; meningkatkan variabel apa pun di sini hanya akan mengangkat ujung pir yang meruncing lebih jauh atau mendorongnya lebih dekat. Axis Ortho dan Orientation juga sedikit tidak relevan bagi kita saat ini. Abaikan ini untuk saat ini. Kalian akan melihat Pengeditan Proporsional tepat di bawah di sebelah kotak centang kecil.

Kalian benar-benar dapat mengaktifkan alat ini setiap kali Kalian melakukan apa pun dalam Mode Edit — penskalaan, geser, apa saja. Bahkan jika Kalian telah melakukan penyesuaian, Kalian dapat mengaktifkan Pengeditan Proporsional menggunakan kotak centang ini selama Kalian langsung mengklik menu yang kami gunakan saat ini.

Tutorial Blender untuk Pemula
image source makeuseof.com

Aktifkan Mode Pengeditan

Ukuran Proporsional mengontrol “radius” dari falloff Edit Proporsional Kalian. Semakin tinggi Kalian mengaturnya, semakin banyak mesh yang akan mengikuti bagian yang telah Kalian pilih dan ubah. Dalam kasus gerakan sederhana, Ukuran Proporsional yang lebih besar dari lebar atau diameter objek menerapkan terjemahan ke seluruh jala, seolah-olah Kalian telah memilih setiap titik saat Kalian melakukan gerakan.

Terhubung memungkinkan Kalian bekerja dengan geometri yang terhubung alih-alih dengan radius volumetrik yang ketat. Buku pegangan resmi menyarankan untuk mengaktifkan opsi ini saat menyesuaikan hal-hal seperti jari di tangan; Kalian dapat berpose semuanya dengan bebas dan mandiri, tanpa khawatir menarik-narik sisanya secara tidak perlu.

Proyeksi (2D) sama sekali mengabaikan realitas mesh itu sendiri. Sebagai gantinya, setiap transformasi akan diatur oleh apa yang sebenarnya Kalian lihat di viewport—jika pernah ada waktu untuk beralih ke salah satu preset viewport ortografi tegak lurus, waktu itu adalah sekarang.

Alih-alih menarik gumpalan 3D keluar dari permukaan datar, Kalian dapat menekan salah satu tombol pintas papan angka, meluruskan area pandang, dan membuat gelombang bergulir yang rata sempurna di sepanjang proyeksi panjangnya.

Berbagai Jenis Pengeditan Proporsional

Saat menggunakan Pengeditan Proporsional, ada dua jenis poin yang perlu dipertimbangkan: poin yang telah Kalian pilih, dan poin lainnya di mesh. Apa yang terjadi antara dua bagian geometri ini akan sangat ditentukan oleh Proporsional Falloff Kalian pilihan.

Kalian dapat beralih melalui semua opsi falloff Kalian menggunakan Shift + O; Smooth adalah opsi default yang akan diaktifkan.

Jenis Jenis Editing Proporsional: Tutorial Blender untuk Pemula
image source makeuseof.com

Pengeditan Proporsional Acak sangat bagus untuk hal-hal seperti membuat batu atau apa pun yang bergerigi, tidak rata, atau bergelombang. Yang paling membingungkan dari semua ini kemungkinan adalah pengaturan Edit Proporsional Konstan Kalian. Apa perbedaan antara menggunakan ini dan hanya mengangkat wajah tanpa Pengeditan Proporsional sama sekali?

Jenis Jenis Editing Proporsional: Tutorial Blender untuk Pemula
image source makeuseof.com

Di sini, Kalian akan melihat bahwa Ukuran Proporsional hanya berlaku untuk jejak dari apa yang Kalian ambil, meninggalkan Kalian dengan tebing curam yang seragam di luar wajah yang Kalian ambil. Perbedaan yang halus, tetapi yang baik untuk diketahui dalam hal apapun.

Pengeditan Proporsional dalam Blender

Tutorial Blender untuk Pemula Cara Menggunakan Pengeditan Proporsional di Blender
image source fattututorials.com

Pemodelan 3D dengan Blender tidak membutuhkan waktu sama sekali. Tidak peduli alat mana yang Kalian sukai ketika Kalian berada di sana membuat tangan Kalian kotor, hanya sedikit yang akan menentang fakta bahwa Pengeditan Proporsional adalah salah satu dasar Blender yang paling berguna untuk dikuasai sejak dini.

Setelah Kalian memiliki kesempatan untuk mencoba setiap rasa untuk diri Kalian sendiri, kemungkinan besar Kalian akan dapat menemukan banyak sekali aplikasi untuk semua cara yang berbeda ini untuk menggunakan Pengeditan Proporsional.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *