TriVio Id

Tips Seputar Desain Grafis

Cara Menggunakan Radial Gradient Filter di Lightroom
Tools Tutorial

Cara Menggunakan Radial Gradient Filter di Lightroom

Adobe Lightroom memiliki beberapa alat yang berguna untuk membantu foto Kalian terlihat lebih canggih, dan Kalian mungkin akan memulai dengan penggeser dasar. Namun seiring berjalannya waktu, Kalian dapat menjelajahi beberapa alat yang lebih sulit digunakan—seperti Radial Gradient Filter.

Radial Gradient Filter adalah fitur luar biasa jika Kalian ingin lebih detail dalam mengedit aspek tertentu pada foto Kalian. Misalnya, Kalian dapat menggunakannya untuk membuat orang dan objek terlihat lebih jelas—tanpa memengaruhi area lain pada gambar Kalian.

Hari ini, Kalian akan mengetahui cara menggunakan Radial Gradient Filter di Lightroom. Kami akan menyebutkan hal-hal utama yang dapat Kalian sesuaikan dengan alat ini, serta memberikan panduan dalam menerapkan apa yang Kalian pelajari.

Apa Itu Radial Gradient Filter di Lightroom?

Sebelum kita melihat aspek spesifik Radial Gradient Filter yang dapat Kalian ubah dan cara menggunakannya, mengetahui apa sebenarnya alat tersebut akan membantu Kalian menggunakannya dengan lebih efektif. Radial Gradient Filter adalah fitur di Lightroom yang memungkinkan Kalian memilih area tertentu pada gambar dan menerapkan berbagai penyesuaian, seperti mengubah beberapa aspek pencahayaan.

Cara Menggunakan Radial Gradient Filter di Lightroom
Cara Menggunakan Radial Gradient Filter di Lightroom

Alat Radial Gradient berbeda dari filter Linear Gradient, yang akan Kalian lihat di bagian yang sama saat menggunakan Lightroom. Alat Linear Gradient memungkinkan Kalian menyesuaikan gambar dari atas ke bawah atau sebaliknya, sedangkan Radial Gradient lebih baik untuk memilih area melingkar. Dalam hal ini, ini lebih mirip dengan alat Brush.

Selain menggunakan Radial Gradient Filter di Lightroom Classic, Kalian juga dapat memanfaatkan fitur ini jika lebih suka menggunakan Lightroom Creative Cloud (CC). Alat ini bekerja secara identik di kedua aplikasi.

Apa yang Dapat Kalian Ubah Dengan Radial Gradient Filter?

Mari kita lihat beberapa hal yang dapat Kalian ubah pada foto Kalian dengan Radial Gradient Filter di Lightroom. Kami telah membaginya menjadi beberapa sub bagian di bawah.

1. Warna

Ada beberapa cara untuk mengubah warna objek di Adobe Lightroom, dan Radial Gradient Filter adalah salah satunya. Dengan alat ini, Kalian dapat menyesuaikan saturasi—dan cara kerjanya sama dengan menyesuaikannya untuk keseluruhan gambar.

Aspek keren lainnya dalam mengedit warna dalam Radial Gradient Filter adalah Kalian memiliki akses ke penggeser rona. Dengan ini, Kalian dapat menyesuaikan rona area gambar yang Kalian tutupi dengan Radial Gradient Filter.

2. Pencahayaan

Sayangnya, menggunakan penggeser eksposur dan kontras umum—bersama dengan kurva nada dan sebagainya—akan mengubah kecerahan keseluruhan gambar di Lightroom. Dalam situasi di mana Kalian hanya ingin menyempurnakan area tertentu, Kalian dapat menggunakan alat pencahayaan yang ada di Radial Gradient Filter.

Radial Gradient memiliki bilah geser tempat Kalian dapat menyesuaikan hal berikut:

  • Exposure
  • Whites
  • Blacks
  • Contrast
  • Highlights
  • Shadows

Masing-masing bekerja dengan cara yang sama seperti menggunakan penggeser umum. Jika Kalian memiliki gambar yang tampak membosankan dan ingin Kalian tingkatkan, lihat Tips Lightroom untuk menghilangkan efek Noise.

3. Tekstur

Menggunakan tekstur dengan tepat dapat memberikan kesan dinamis pada gambar Kalian dan memungkinkan pemirsa untuk benar-benar tenggelam dalam apa yang Kalian buat. Dan jika Kalian tidak ingin mengubah tekstur seluruh gambar, Kalian selalu dapat menggunakan Radial Gradient Filter sebagai gantinya.

Penggeser tekstur akan membuat bagian foto Kalian terlihat lebih atau kurang tajam, bergantung pada cara Kalian memindahkannya. Namun, Kalian harus ingat bahwa memaksakan pengeditan terlalu jauh dapat mengakibatkan gambar Kalian terlihat tidak realistis—jadi Kalian harus menggunakan pendekatan minimalis dalam hal ini.

4. Keseimbangan

Terkadang, Kalian mungkin tidak menyukai suhu di area tertentu pada gambar Kalian. Kalian dapat dengan mudah mengubahnya dengan penggeser white balance di Lightroom melalui Radial Gradient Filter.

Seperti saat mengoreksi white balance untuk keseluruhan gambar, Kalian dapat mengubah suhu dan warna. Itu selalu merupakan ide bagus untuk menempatkan white balance Kalian tepat di kamera, dan salah satunya pengaturan kamera dasar yang perlu Kalian pahami.

Cara Menggunakan Radial Gradient Filter

Sekarang, mari kita lihat cara menggunakan Radial Gradient Filter di Lightroom. Kalian perlu memahami tiga aspek berbeda: mengubah ukuran filter, menerapkan efek yang Kalian inginkan, dan menghapus area yang tidak sengaja Kalian lewati.

Mengubah Ukuran Radial Gradient Filter

Sebelum menerapkan efek apapun pada gambar Kalian, Kalian harus mengubah ukuran Radial Gradient Filter. Cara terbaik untuk melakukan ini bergantung pada ukuran area yang ingin Kalian sesuaikan.

Untuk mengubah ukuran Radial Gradient Filter, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih tab Penyamaran di Lightroom. Itu adalah simbol yang tampak melingkar.
  2. Klik Gradient Radial atau tekan Pergeseran + M di papan ketik Kalian.
  3. Gambarlah area layar tempat Kalian ingin menerapkan Radial Gradient Filter. Kemudian, gerakkan lingkaran tersebut sesuka Kalian.

Jika Kalian ingin mempercepat alur kerja pengeditan Kalian,pertimbangkan untuk menggunakan beberapa fitur AI Lightroom.

Menerapkan Efek pada Foto Kalian

Menerapkan efek dalam area Radial Gradient sangatlah mudah. Pertama, gerakkan penggeser hingga Kalian puas dengan tampilan foto Kalian.

Setelah menyesuaikan bilah geser, Kalian dapat  klik Masukkan kunci di komputer Kalian. Perubahan Kalian akan segera berlaku.

Radial Gradient Filter terkadang cukup sulit digunakan, Kalian dapat menggunakan beberapa metode sederhana untuk menyempurnakan foto Kalian di Lightroom.

Menghapus Area yang Tidak Sengaja Kalian Tarik

Cukup mudah untuk melakukan overdraw saat Kalian menggunakan Radial Gradient Filter di Lightroom, tapi untungnya, ada alat yang dapat Kalian gunakan untuk membalikkan masalah ini:

  1. Dalam bagian Masker, pilih Mengurangi.
  2. Kalian akan melihat daftar opsi muncul di menu dropdown. Pilihan terbaik adalah memilih Sikat karena ini akan memberi Kalian kontrol lebih besar atas area tertentu yang ingin Kalian hapus.
  3. Gerakkan Brush ke area di mana Kalian telah melakukan overdraw.

Memaksimalkan Radial Gradient Filter di Lightroom

Radial Gradient Filter adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan tampilan gambar Kalian di Lightroom, terutama jika Kalian ingin lebih memperhatikan detail area tertentu di foto Kalian. Kalian dapat mengatur pencahayaan tanpa banyak masalah, dan mengubah tekstur serta warna juga cukup sederhana.

Kalian dapat menggunakan Radial Gradient Filter bersamaan dengan pengeditan normal Kalian, dan ada baiknya Kalian melakukannya terlebih dahulu sebelum menyempurnakan area lain pada gambar Kalian. Meskipun demikian, mengetahui cara menggunakan alat ini sangat membantu dan akan mengurangi kurva pembelajaran yang Kalian temui.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *