TriVio Id

Tips Seputar Desain Grafis

Tutorial

Cara Membuat Poster Sederhana di CorelDRAW

Cara Membuat Poster Sederhana di CorelDRAW
image source unsplash.com

CorelDRAW memberi Anda semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat poster, pamflet, atau tanda yang menarik. Berikut cara membuat poster di corel.

CorelDRAW adalah perangkat lunak desain grafis profesional yang menawarkan banyak kebebasan kepada penggunanya. Dengan begitu banyak fleksibilitas, Anda memiliki banyak ruang untuk berkreasi. Ini berarti Anda dapat dengan mudah mendesain poster, pamflet, atau tanda untuk mempromosikan acara atau mengiklankan bisnis.

Anda dapat membuat poster dari awal atau menggunakan salah satu dari banyak template siap pakai yang ditawarkan CorelDRAW. Di sini, kami akan menunjukkan cara melakukan keduanya.

Cara Membuat Poster Menggunakan Template

Anda tidak perlu tahu banyak tentang desain grafis untuk membuat poster yang menarik di CorelDRAW. Template CorelDRAW memberi Anda titik awal yang baik, terutama jika Anda ingin membuat desain dengan cepat.

Memilih Template

Memilih Template untuk Desain Poster
image source www.makeuseof.com

Saat Anda membuka CorelDRAW, Anda cukup mengklik opsi New From Template di Welcome Screen. Sebuah jendela baru akan muncul dengan semua template yang ditawarkan CorelDRAW.

Di sana, Anda dapat memfilter template menurut jenisnya, dan dalam hal ini, Anda harus memilih Posters/Signs. Anda dapat memilih template mana yang Anda suka, dan Anda akan dapat mengeditnya di CorelDRAW.

Mengedit Template

Ketika Anda memilih template, Anda akan memiliki kebebasan penuh saat mengeditnya. Jadi, jika ada yang tidak Anda sukai di template, seperti ukuran halaman, font, warna, atau detail lainnya, Anda bisa mengeditnya.

Jangan lupa untuk mengganti teks dan gambar apapun agar sesuai dengan subjek poster Anda!

Cara Membuat Poster Dari Awal

Jika tidak ada template CorelDRAW yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda selalu dapat membuat poster dari awal. Ini mungkin memakan waktu sedikit lebih lama, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan desain yang tepat yang Anda inginkan.

Membuat Dokumen Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat dokumen kosong. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik Dokumen Baru opsi di Layar Selamat Datang, dengan menahan Ctrl + N pada keyboard Anda, atau dengan mengklik Dokumen Baru ikon di bilah alat utama.

Sebuah jendela baru akan muncul di mana Anda dapat menyesuaikan dokumen Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan nama yang berbeda, memilih ukuran yang diinginkan, mengatur mode warna primer, dan banyak lagi.

Cara Membuat Poster dengan Menambahkan Background Sederhana

Karena Anda akan membuat poster, orientasi harus diatur ke Potrait dan resolusi harus diatur ke 300 dpi. Ini adalah pengaturan default CorelDRAW.

Untuk latar belakang dalam contoh ini, kita akan menggunakan gambar kastil untuk membuat poster drama. Kalian bebas mengganti ini dengan gambar pilihan Anda.

Anda dapat memasukkan gambar hanya dengan menyeretnya ke CorelDRAW, atau Anda dapat mengklik File> Impor dan pilih gambar yang ingin Anda gunakan. Kalian dapat menekan Ctrl + Saya untuk mengimpor gambar juga.

Setelah gambar diimpor, tekan P pada keyboard Anda untuk memutuskannya. Mengklik pada gambar memungkinkan Anda untuk mengubah ukurannya.

Saat Anda siap, gambar sebuah lingkaran dengan mengklik Ellipse tool (F7). Untuk menggambar lingkaran proporsional, tahan Ctrl dan klik dan tahan tombol kiri mouse. Kemudian, seret melintasi layar Anda untuk membuat lingkaran yang sempurna.

Dari palet warna di sisi kanan layar, pilih putih. Mengklik kiri lingkaran akan mengisinya dengan warna yang Anda pilih, sementara mengklik kanan lingkaran hanya akan membuat garis luar lingkaran dengan warna yang Anda pilih.

Setelah Anda melakukannya, tempatkan lingkaran di mana Anda ingin teks Anda berada. Pilih lingkaran dan klik pada alat Transparansi. Dari penggeser Transparansi Bilah pada Properti, Anda dapat menyesuaikan opasitas bentuk.

Menambahkan Teks Sederhana

Jika Anda ingin menambahkan teks, yang harus Anda lakukan adalah mengklik alat Teks (F8) di toolbar kiri. Di sini, Anda bebas menulis apa pun yang Anda inginkan, tergantung pada jenis poster yang ingin Anda buat.

Anda juga akan melihat opsi pemformatan yang berbeda untuk teks Anda di bilah Properti. Jika Anda membutuhkan lebih banyak opsi pemformatan, Anda dapat mengklik Teks > Properti Tabel, dan Anda akan mendapatkan opsi untuk memformat karakter, paragraf, dan bingkai.

Perlu diingat bahwa aturan yang sama untuk mewarnai lingkaran juga berlaku untuk mewarnai teks di CorelDRAW.

Menambahkan Latar Belakang Pola

Jika Anda tidak ingin menggunakan gambar sebagai latar belakang, Anda dapat bermain-main dengan pola di CorelDRAW. CorelDRAW memiliki serangkaian pola premade yang dapat Anda gunakan sebagai gantinya.

Mulailah dengan mengklik dua kali Rectangle tool (F6), yang akan membuat persegi panjang seukuran dokumen Anda. Dari sini, klik alat Transparansi, lalu gunakan pemilih Transparansi pada bilah Properti untuk melihat berbagai jenis pola.

Dengan mengklik dan menyeret kotak bawah, Anda dapat memilih ukuran dan jalur pola.

Jika Anda ingin menambahkan sesuatu yang ekstra, Anda juga dapat menambahkan beberapa efek yang menarik. Untuk melakukannya, klik dua kali Rectangle tool (F6) dan pilih warna yang cocok dengan poster Anda.

Kemudian, klik alat Transparansi. Pilih Transparansi air mancur, yang diwakili oleh ikon ketiga dari kiri pada bilah Properti. Pilih isi yang Anda inginkan dari pilihan, dan desain Anda akan menjadi lebih unik.

Menambahkan Teks Dekoratif

Jika Anda ingin menambahkan teks dekoratif ke poster Anda, CorelDRAW memiliki banyak pilihan.

Menambahkan drop shadow ke teks Anda membuat pernyataan yang halus. Untuk menggunakannya, pilih teks Anda, dan klik alat Drop Shadow seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Di bilah Properti, Anda akan memiliki beberapa opsi tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan bayangan lebih lanjut.

Jika Anda ingin menyelaraskan teks secara berbeda, klik alat Amplop. Ini memungkinkan Anda memindahkan teks sesuka Anda.

Jika Anda ingin membuat tampilan 3D, pilih alat Extrude. Anda dapat menyesuaikan tampilan teks dengan menyeret panah.

Tentu saja, Anda dapat menggabungkan efek sebanyak yang Anda inginkan untuk mendapatkan teks dengan tampilan terbaik untuk poster Anda. Ingatlah bahwa yang terbaik adalah menjaga semuanya tetap sederhana—menggabungkan semua efek tidak selalu berarti bahwa teks Anda akan terlihat lebih baik.

Menyimpan File

Anda Setelah Anda puas dengan poster yang Anda buat, sekarang saatnya untuk menyimpannya. Ini adalah proses yang agak sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik File > Save, atau Anda dapat menekan Ctrl + S pada keyboard Anda.

Sebuah jendela akan muncul, menanyakan di mana Anda ingin menyimpan file. Pastikan untuk memilih jenis output yang sesuai dari menu dropdown.

Poster Anda Sudah Selesai

Ingat, CorelDRAW memberi Anda banyak kebebasan. Ambil saran di atas dan cobalah berkreasi dengan cara Anda sendiri!

CorelDRAW dapat melakukan lebih dari sekadar membantu Anda membuat poster keren, jadi jangan membatasi diri. Anda dapat membuat dokumen profesional, logo, gambar vektor, dan banyak lagi dengan fitur vektor hebat CorelDRAW.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *